Sekilas tentang Music Director - So Behind The Microphone

Headlines Articles

Monday, April 2, 2012

Sekilas tentang Music Director

Suatu siang, saya sibuk mengutak-atik tuner radio di mobil kantor,ketika kami (aku dan Pak Anas, driver kantor) dalam perjalanan pulang setelah rapat dengan AusAID.

Jariku sibuk memencet tuner, sambil membayangkan betapa hebatnya efek yang ditimbulkan oleh benda ini. Karena benda ini, sebuah radio bisa langsung kehilangan pendengar ketika menyiarkan hal yang “tidak menarik”.

Ya, definisi “tidak menarik” sangatlah subyektif, tergantung masing-masing orang  Dan percaya atau tidak,salah satu hal yang membuat sebuah radio mendapat tempat di hati
pendengarnya adalah jenis lagu yang diputar.

Bicara tentang jenis lagu yang diputar, tentu saja harus melihat radio tersebut segmennya untuk pendengar dengan usia berapa, tingkat ekonomi dan pendidikannya bagaimana.Misalnya saja, orang umur 40 an tentunya punya selera lagu yang berbeda
dengan usia 20-an.

Wuih, sok memisah-misahkan ya  Nggak juga sih, itu cuma beberapa cara untuk mempermudah pekerjaan Music Director saja . Segala hal tentang musik dalam sebuah radio adalah tanggung jawab Music Director, dan 3 hal di atas bisa membantu mempermudah Music Director menyiapkan lagu-lagu yang diputar radio tersebut.

Tapi, tetap saja pekerjaan Music Director itu tidak mudah.Harus tahu info musik (termasuk musik yang “aneh-aneh”),harus rela mendengar dan meresapi lagu yang “mungkin”
bukan seleranya, harus berburu lagu (yang kadang langka untuk didapat),bla bla bla 

Begitulah, tanggung jawab seorang Music Director sangatlah berat.Satu hal yang sebenarnya paling penting adalah bahwa jenis lagu yang diputar (dan style penyiar dalam siarannya) sangat menentukan ciri khas / “air personality”/ identitas/ atau yang lain
namanya, dari sebuah radio. Dengan kata lain, Music Director juga bertanggung jawab atas identitas sebuah radio.

Masalahnya, meskipun Music Director berusaha mempertahankan identitas radionya, dia juga tetap harus tahu selera pendengarnya.

Jadi ingat kalimat Mas Riza Tomawa beberapa tahun yang lalu sebelum saya menjadi MD di beberapa radio
 “Music Director itu seperti paranormal, seperti dukun.
Harus bisa menebak selera orang.”

 nah,Ada beberapa Tugas pokok Music Director
Tugas Music Director (MD) : Yg general aj ya ( ga berurut)
1. Mengatur Time Clock Beat Music (tergantung Radionya) biasanya tiap jam, di tiap menitnya Beat (Slow, Middle, Fast) itu diatur oleh MD melalui Playlist harian..mgkanya penyiar yg melanggar playlist diancam sanksi berat.

2. Menerima and membalas CD sample dari label company, biasanya sih, lagu di seleksi apakah layak atau tidak diputer, urusan smua ke Label mulai dari ngirimin chart, kemudian ngurusin”deal” ke manajemen artis klo si artis mau promo di radionya..

3.Playlist, harian,mingguan, bulanan,..

4. Menej data base lagu. mulai dari penyanyi, tahun, dan label. dan smua lagu digital, CD, Kaset si MD yg megang datanya, tiap bulan biasanya ada rekap..

5.Membuat CHART, yg ini biasanya weekly, or monthly tergantung chartnya..

6. Mengawasi penyiar apabila, penyiar ada yg out of playlist, ini untuk menjaga air personality nya..

Nb : ini smua tergantung Job Desk di stasiun Radio masg2, kalo dari pengalaman saya, tiap radio berbeda-beda struktur kerjanya,.. tp secara umum gambaran tugas MD ya gitu deh..
Klo mo jd MD, pesan saya :
Smoga mnjadi MD yg baik ..
Hasil dari observasi penulis,diperoleh gambaran tugas dari Mucic Director adalah mengumpulkan dan menyeleksi lagu dan memasukannya kedalam playlist.Menentukan layak atau tidaknya lagu dimasukkan kedalam program dan bertanggung jawab untuk menata lagu.Dalam pelaksanaannya Music Director bertanggung jawab langsung kepada Studio Manager.Ada beberapa faktor yang mendukung kegiatannya yaitu adanya fasilitas yang cukup memadai,namun ada juga kendala yang dihadapi yaitu ketika lagu yang sering di request pendengar atau yang keluar dipasaran bukan merupakan dari label partner,untuk mengatasinya Music Director akan membeli lagu dari anggaran pembukuan yang diatur sendiri oleh Music Director

No comments:

Post a Comment