Sofware audio player for Radio - So Behind The Microphone

Headlines Articles

Tuesday, August 21, 2012

Sofware audio player for Radio



Teringat pada zaman dahoeloe kala alias Zadoel, saat teknologi komputer masih awam bagi orang awam,hehe. Segala pekerjaan masih dilakukan secara tradisional. Sama halnya dengan broadcasting radio. Dahoeloe kala, untuk bisa siaran radio, harus ada beberapa orang yang harus bekerja. Ada yang ambil bagian penyiar, operator player, ada yang ngatur mixer, dll.
Kelihatannya agak ribet kalo dipandang dari zaman modern seperti sekarang. Dengan perkembangan komputasi yang merambah ke berbagai bidang, segalanya terasa mudah. Kalau tadi dibayangkan begitu repotnya untuk siaran radio. Beda dengan sekarang, cukup 1 orang aja udah bisa on air... asiik.
Nah disini, saya ingin kasih tau sobat semua. Tentang program broadcasting yang bisa buat bantu broadcasting radio sobat semua. Selain ada yang free/gratis, program di bawah ini memiliki beberapa fasilitas yang lumayan untuk mempermudah penyiar.. oke langsung saja kita tengok Yuuuk....

1.       1. Raduga

Software buatan wolosoft internasional ini mampu memutar format audio(.mp3, .wav, .wma) dan video (.mpg, .avi, .wmv). Walaupun dengan tampilan yang sederhana program ini sudah mendukung untuk broadcast ke internet tapi harus ada tambahan program yakni Studio365-Live 2.1 dan mempunyai account di Live365.com. Fasilitas lainnya ada Jingles, Event Schedule, Rotations, Mixer, Playlist. Walaupun software ini aslinya bayar, tapi saya kasih deh yang FREEnya...oke..

2.       2. ZaraRadio

Yang ini sebenarnya hampir sama fasilitasnya. Cuma, kalo yang ini tampilannya lebih catch eye dikit, dan ada beberapa fasilitas tambahan lainnya seperti informasi suhu, cuaca. Kemudian ada fasilitas auxiliary, jadi sobat bisa muter beberapa musik bersamaan, atau mungkin sobat memutar lagu dengan tambahan effect. Untuk fasilitas auxiliary ZaraRadio menyediakan 4 slot untuk memutar musik. Satu lagi kemudahan dari ZaraRadio, saat penyiar mau ngomong tinggal klik toolbar Talk Over, secara Otomatis volume musik akan turun secara otomatis tanpa harus mengutak-atik mixer. Tapi sayangnya, ZaraRadio ga bisa buat Online broadcasting.

3.       4. DirretoreFREE

Ini merupakan  program broadcast yang simple, karena semua pengaturan berada di layar utama, di toolbar-toolbar. Aslinya program ini berbayar, tapi yang ini merupakan versi FREE-nya jadi ada beberapa fasilitas yang ga bisa dipakai. Fasilitas standar ada playlist, jingle, dan Cue Points,Auto Rotation, fasilitas yang terakhir ini memberi kemudahan buat user untuk mengotomatisasi musik/jingle yang akan diputar.

4.      5. RadioDJ

Kalo yang ini favorit saya dulu waktu bikin radio eksperimen. Soalnya selain fasilitasnya komplit, FREE Software pula. Program ini udah dibekali fasilitas Database, jadi untuk urusan daftar lagu,jingle,commercial break, event, semua data tersebut di simpan dalam database RadioDj. Selainn itu, program ii mampu untuk otomatisasi broadcasting. Jadi walaupun ditinggal penyiarnya masih bisa berjalan, ada settingannya untuk Auto DJ. Untuk Track, dibagi2 beberapa kategori dan proses pencariannya juga mudah, tinggal diketikkan artist/judul lagunya, atau melalui sortir Kategori dan Genre. Nah, untuk masalah bahasa, RadioDJ menyertakan RadioDJ translator. Program tambahan itu untuk merubah bahasa/membuat terjemahan sendiri bahasa yang ada di program tersebut sesuka kita. Lalu dalam pemutaran musik, ada pengaturan yang bisa mencegah terulangnya lagu dalam jangka waktu tertentu. Fasilitas tambahan lainnya ada Streaming Internet  Radio dan RadioDJ Reports. Untuk bisa menjalankan RadioDj harus support .NET Framework 2.0 dan MySQL database.

5.       6. Jazler Radio Star

Bagi pengguna professional atau untuk Radio komersial, Bisa memilih program ini. Fitur terlengkap ada di program ini, dan untuk masalah urusan data, Jazler mempunyai fasilitas Backup. So, setiap kali siaran ada laporan tentang kondisi saat siaran atau dengan kata lain menyimpan data timeline radio.
ini adalah versi Demo. soo kalau radio kalian adalah radio komersil,HARAMkan sofware gratisan yaa.


Sekian. Semoga Bermanfaat... tapi bila kalian ingin memiliki sofware radio lengkap bisa hubungi saya  dengan harga bersaing.

Isi Paket CD Kompilasi Radio Automation Software

1. Atomix Virtual DJ Pro v7
2. AudioEnhance DPS 2010
3. BPM Studio ver 4.9
4. AtomixMP3 v2.3
5. DJ Serv2.0
6. DMP 2003 Radio Automation Software
7. DRS 2006 Package
8. Dinesat Radio 8
9. Eternity Radio Automation Software
10. Jazler Radio Star One
11. mAirList-3.0
12. MegaMix2000
13. MP3DJ
14. MPEG Station
15. OTSAV 1.85
16. OTSDJ 1.75
17. Playlist Digital
18. RadioBOSS 4.3.0
19. StationPlaylist Studio 4.03
20. Jazler24 Music Player
21. Raduga 3.9.6
22. Sam Broadcast 4.7
23. BSI Simian 1.7
24. ProppFrexx ONAIR
25. Zara Radio

Bonus Software :

1. Adobe Audition 3.0
2. Breakaway Audio Enhancer
3. Breakaway Broadcast Processor
4. Opticodec 2.1
5. Oxygen Phone Manager (Software SMS)
6. Stereo Tools