facebook di blokir di indonesia - So Behind The Microphone

Headlines Articles

Sunday, April 15, 2018

facebook di blokir di indonesia

Benarkah FB mau diblokir? Kapan? Kenapa? Permanen atau sementara?

Warning long post !

Cerita awalnya karena ada kebocoran data pengguna FB ke pihak ke tiga. Loh kok bisa bocor? Kan keamanan di FB ketat?

Jadi pada 2006 lalu ada aplikasi yg bernama "this is your digital life", itu aplikasi kuis kepribadian yg penggunanya harus login memakai akun FB untuk bisa menggunakan aplikasinya. Setelah mendapat data kepribadian seseorang dari hasil kuis tersebut, ternyata aplikasi itu juga mencatat informasi yg ada di facebook. Keamanan di fb pada tahun itu masih kurang ketat kayak sekarang jadi aplikasi itu juga bisa mengambil data teman2 si pengguna aplikasi itu. 

Jadi misal aku punya 2000 teman di fb dan aku pake aplikasi "this is your digigal life" terus aku login pake fb. Dataku di fb bakal dicatat sama aplikasi itu, dan  data 2000 temanku yg gak pake aplikasi itu juga dicatat sama aplikasinya. Makanya aplikasi itu bisa ngumpulin data pengguna FB yg sangat banyak sampai 87juta pengguna. Padahal aplikasi "this is your digital life" sendiri baru di download sebanyak 200ribuan kali aja di play store/app store.

Terus kalo sudah dapat data pengguna sebanyak itu buat apa? Apa ruginya bagi kita?
Datanya bisa dijual, dapet duit banyak buat beli figur //gak.
Ya, jadi singkatnya data 87juta pengguna FB itu diserahkan ke lembaga analisa untuk keperluan politik yg bernama Cambridge Analytica. Seharusnya aplikasi pihak ke 3 itu  gak boleh menyerahkan data yg dia dapat dari fb kepada siapa saja. Disini letak pelanggarannya. Terus pas ada pemilu di murika, tram vs hilari,  tim suksesnya donal tram menyewa jasa Cambridge Analytica ini buat melakukan kampanye di FB. Dengan data pengguna FB sebanyak itu yg kebanyakan emang data pengguna FB di murika, Cambridge Analytica bisa membuat iklan yg lebih tepat sasaran ke calon pemilih donal tram.

Loh kok bisa? Gimana caranya?
Ya bisa aja kan mereka udah tau datamu di fb, termasuk apa aja yg kamu sukai. Misal kebanyakan orang di suatu wilayah suka cosplay, mereka tinggal nyari beberapa cosplayer yg paling terkenal buat endorse atau mempromosikan biar pada milih tram. Pasti banyak yg terpengaruh.

Terus kenapa FB mau di blockir di Indonesia? Kan yg kena orang murika?
Jadi dari 87juta pengguna yg bocor itu, 1juta diantaranya adalah orang2 indonesia. Dan yg lebih buruknya lagi, bukan cuma Cambridge Analytica yg memanen data pengguna fb, ada beberapa aplikasi lain kayak CubeYou juga kayak gitu.
Dan tahun 2019 nanti kan mau ada pemilu di indonesia, nah pemerintah indonesia itu takut kalo kasus di murika itu juga terjadi di Indonesia. Makanya kominfo minta perwakilan facebook indonesia buat ngasih penjelasan, ada berapa total pengguna fb indonesia yg datanya bocor ke pihak ke 3? Terus data apa aja yg bocor? Dan bisa dipakai buat apa aja? 

Kalo misal ada indikasi tindak kejahatan dari kebocoran data itu, kemungkinan facebook bakal di blokir sementara. Nah hari ini rabu, 11 April kalo gak salah perwakilan dari fb baru ketemu sama kominfo buat menjelaskan soal kebocoran data ini. Kalo pihak facebook mau nurut dan mengikuti peraturan di indonesia ya gak bakal di blokir, toh fb emang berguna buat orang indonesia kayak membantu usaha kecil menengah. Dan bagi perusahaan sekelas facebook, indonesia ini adalah salah satu basis pengguna terbesarnya jadi pasti gak mau main2 sama peraturan di Indonesia. Ditambah lagi Indonesia saat ini BELUM PUNYA UU tentang perlindungan data pribadi, jadi mau melanggar peraturan apa coba? Nah karena itu menurutku gak bakal ada pemblokiran facebook. Kemungkinan terburukpun ada pemblokiran tapi cuma sementara, jadi kalian bisa menikmati hidup diluar fb beberapa hari //woi

Cara cek apakah akunmu adalah salah 1 dari 1 juta data pengguna Indonesia yg bocor bisa di cek di link dibawah ini

https://facebook.com/help/1873665312923476?helpref=search&sr=1&query=cambridge